Skip navigation

Jaenal Abidin. ”Hubungan Karakteristik Konsumen dengan Jenis dan Ukuran Produk Daging Ayam yang Dikonsumsi pada Warung Makan ABG (studi kasus pada warung makan ABG di Purwokerto)”. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2008 sampai dengan 20 Mei 2008. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui karakteristik konsumen Warung Makan ABG yaitu umur, pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan serta pengetahuan pangan dan gizi konsumen; (2) Mengetahui jenis dan ukuran produk daging ayam yang dikonsumsi pada Warung Makan ABG; (3) Mengetahui hubungan karakteristik konsumen dengan jenis dan ukuran produk daging ayam yang dikonsumsi pada Warung Makan ABG.

Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan metode pengambilan sampel accidental sampling. Tempat penelitian dilaksanakan pada lima cabang yang dimiliki warung makan ABG (Ayam Baroe Gedhe) di Purwokerto. Besarnya sampel yang diambil adalah 100 responden yang merupakan konsumen warung makan ABG. Variabel yang diamati adalah jenis dan ukuran produk daging ayam sebagai variabel dependen. Umur, pendidikan, jenis pekerjaan, tingkat pendapatan serta pengetahuan pangan dan gizi konsumen sebagai variabel independen.

Hasil analisis uji chi square atau chi kuadrat menunjukan bahwa terdapat hubungan yang nyata antara jenis pekerjaan konsumen warung makan ABG dengan ukuran produk daging ayam yang dikonsumsi, yaitu X2 hitung = 11,899 > X20,05 = 9,488 dan < X20,01 = 13,277 dan memiliki koefisien kontingensi sebesar 0,326. Tingkat Pendapatan Konsumen warung makan ABG memiliki hubungan yang sangat nyata dengan ukuran produk daging ayam yaitu sebesar X2 hitung = 14,200 lebih besar dari X20,05 = 9,488 dan X20,01 = 13,277 dengan koefisien kontingensi sebesar 0,353.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: